Keindahan Pesona Alam Curug Benowo Semarang Yang Eksotis -->

Iklan Semua Halaman

Keindahan Pesona Alam Curug Benowo Semarang Yang Eksotis

Selasa, 29 Agustus 2017
Di Desa Kalisidi Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang terdapat Curug Benowo yang memiliki pesona keindahan luar biasa. Karena tempatnya yang masih alami, Curug ini masih sulit dijangkau oleh banyak orang. Jalan untuk menuju Curug Benowo Semarang ini masih jalan setapak dan naik turun, dan jalan ini biasanya hanya bisa dilalui oleh pecinta alam, ataupun mereka yang mempunyai hobi trip atau tantangan.

Tempat ini juga tidak cocok untuk camping keluarga. Curug sendiri disini memiliki arti Air terjun, yang berasal dari bahasa Jawa.

Walaupun medan ataupun jalan menuju Curug Benowo Semarang ini sangat sulit, namun ini akan terbayarkan dengan keindahan dan pesona alamnya disana. Perasaan capek ataupun lelah terbayar dengan keindahan di Curug Benowo Semarang ini dengan keindahan yang eksotis.

Tidak hanya ada Curug Benowo saja, tidak jauh dari Curug ini terdapat Curug Lawe yang sama indahnya. Curug Benowo dan Curug Lawe ini berada di sebelah utara anak gunung Ungaran dan menjadi hulu Kali Banjir Kanal Barat atau Kali Garang di Kota Semarang. Curug Lawe ini berjumlah 25 buah, baik Curug yang kecil ataupun Curug yang besar, 25 dalam bahasa jawa adalah “selawe”. Karena itu diberi nama Curug Lawe.

Untuk menuju Curug Benowo Semarang ini, dari Alun-alun Ungaran anda bisa berjalan ke arah Gunungpati. Anda akan menemukan gapura yang bertuliskan “Selamat datang Kampus Di Sekaran Gunungpati”. Kemudian berjalan lagi kurang lebih 1700m.  Setelah itu akan ada Makam Darul Mukminin Siplaosan Sumur gunung yang berada di kanan jalan, belok kiri menuju Jalan Kampung Dukuh Sumur gunung dan berjalan lurus. Untuk menuju posko ini anda memerlukan waktu kurang lebih 2 jam dengan medan yang berat.

Pemandangan yang akan anda dapatkan dalam perjalanan pun akan terlihat luar biasa. Namun jika anda mengalami kesulitan, disarankan untuk minta bantuan ataupun dipandu oleh penduduk asli. Dari tempat parkir kendaraan menuju ke Curug Benowo Semarang cukup memakan waktu, sekitar 30 menit dengan jalan kaki.

Jalan dari tempat parkir masih datar,  namun terdapat dua jalur untuk menuju ke Curug. Dengan jalur lama ataupun baru. Bila melewati jalur lama, anda akan melewati saluran atau jembatan irigasi yang di sebelah kiri terdapat jurang yang curam. Sedangkan untuk jalur baru, anda akan lewat Sendang Pengantin dan turun ke sekitar bendungan lalu melewati bibir sungai. Setelah melewati bendungan, anda akan menemukan 2 cabang jalan, sebelah kanan menuju Curug Benowo dan sebelah kiri Curug Lawe.

Dari kedua cabang tersebut sekarang sudah ada jalan tembus untuk menuju kedua Curug tanpa berputar kembali untuk menuju salah satu Curug. Semoga informasi di atas dapat membantu anda sekalian terutama para pecinta alam. Selamat di Curug Benowo Semarang bersama keluarga atau teman.